Who Am I ???

Adalah seorang mahasiswa yang ingin mencurahkan segala pikiran dan ide-idenya secara bebas radikal namun tetap bertanggung jawab.... "Pakdhe"..panggilan akrab saya..
Monggo dilanjutkan menikmati Blog saya ini..smoga tulisan-tulisan atau postingan dapat bermanfaat...

Content Blog ini...

Hmmm....... postingan di blog ini bermacem-macem..tapi mungkin banyak hal-hal Psikologinya.. dari mulai yang ga penting, sepeti uneg-uneg saya.. namun ada juga yang bermanfaat bagi khalayak ramai..halah !! Enjoy It..

REVIEW FILM “K-Pax”

Film K-Pax bercerita tentang seorang penderita gangguan jiwa akut ( delusional ) yang percaya bahwa dirinya adalah makhluk asing dari planet yang bernama K-pax. Sang tokoh utama ( Prot ) yang menderita gangguan jiwa selalu memakai kacamata hitam. Cerita dimulai ketika Prot “ secara tiba-tiba “ muncul di sebuah stasiun kereta api bersamaan dengan sebuah penjambretan. Prot lalu dituduh sebagai penjambret, namun ada pengemis yang membela prot bahwa ia bukan pelakunya. Prot lalu ditanya asal dan identitasnya, dari sisni mulailah Prot bercerita bahwa dirinya adalah penduduk planet asiing bernama K-pax yang sedang menjalani perjalanan antar galaxy.

Kemudian Prot dibawa kesebuah rumah sakit jiwa, setelah tiga minggu berselang Prot prot dirujuk ke Institute Psychiatric Of Manhattan ( IPoM ) dimana unutk selanjutnya ia akan dirawat. Di IPoM Prot bertemu dengan dokter Mark Powell yang akan merawatnya. Ketika pertama kali bertemu dengan Prot dokter Mark amat takjub karena tak ada orang gila sebelumnya yang mampu memberi gambaran secara sangat jelas tentang daerah yang menjadi khyalannya. Bahkan dokter Mark sempat berpikir bahwa Prot memang benar-benar dari planet K-Pax apalagi secara pemeriksaan fisiologis, Otaknya tidak mengalami cidera bahkan farmako therapy dengan Thorazine tidak memberikan respon apa-apa pada Prot .

Secara mengejutkan Prot juga membawa perubahan yang positif terhadap pasien-pasien lain yang dirawat di IPoM tersebut. Karena ragu tentang asal-usul Prot maka dokter Mark membawa Prot pada ahli-ahli astronomi untuk membuktikan teori-teori Prot tentang Planet K-Pax. Lagi-lagi Prot membuat kejutan kali ini ia berhasil membuat takjub para Professor Astronomi tentang teorinya, karena teorinya tesebut memang benar. Singkat cerita tiba-tiba dokter Mark bahwa ingat bahwa pada tanggal besok pada tanggal 27 juli Prot akan kembali ke Planetnya K-Pax. Hal tersebut menjadi kunci setelah dokter Mark hubungkan dengan pernyataan Prot bahwa 4 tahun, 9 bulan yang lalu ia baru datang kebumi. Dengan kata lain pada tanggal 27 juli 5 tahun yang lalu Prot mengalami suatu peristiwa traumatic yang mengguncang hidupnya.

Berawal dari situlah dokter Mark mencoba mencari tahu siapa sebenarnya Prot. Dengan metode Hipnosis dokter mark mencoba mencari tahu bagimana keadaan lingkungan Prot dimana ia tinggal dulu. Setelah beberapa waktu akhirnya Identitas Prot yang sebenarnya dapat diketahui. Namun dokter Mark tidak bisa mencegah “ kepulangan Prot ke Planet K-Pax”. Prot akhirnya menderita Lumpuh total karena memaksakan membuka kaca matanya saat sedang melihat sinar matahari. The end.

ANALISIS KASUS :

a. Symptom-simptom yang muncul : - adanya waham yakni merasa bahwa dirinya berasal
dari planet lain.
- gangguan kemampuan hubungan interpersonal
- hidup dalam dunia fantasi dan delusi.
- bertingkah laku aneh dan diluar kebiasaan.

b. Symptom-simptom muncul karena : -adanya kejadian yang membuatnya trauma
dan atau depresi berat yang ia alami
- asosiasi yang salah dan cenderung diartikan
tidak Menyenangkan. ( proses reproduksi ) hal
ini berkaitan dengan truma masa lalunya.

c. Kepribadian : Gangguan delusional akut

0 comments:

Posting Komentar



 

Free MP3 downloads


artist:
song: